Kamis, 02 Desember 2010

Belajar Pada Sebuah Jam

Suatu hari terjadi dialog antara pembuat jam dengan jam yang sedang dibuatnya. Pembuat jam berkata, “Hai, jam! apakah kamu sanggup untuk berdetak sebanyak 31.536.000 (Tiga puluh satu juta lima ratus tiga puluh enam ribu) kali dalam setahun?”, jam itu tersentak, “Nggak mungkinlah saya berdetak sebanyak itu!?”

“Baiklah, bagaimana kalau 86.400 (delapan puluh enam ribu empat ratus) kali dalam sehari?” tawar pembuat jam.

“Delapan puluh enam ribu empat ratus kali? Dengan jarum yang kecil-kecil begini?” jawab jam penuh keraguan.

“Kalau begitu cukup berdetak 3.600 (tiga ribu enam ratus) kali dalam satu jam, pasti kamu sanggup!” pinta si pembuat jam lagi.

“Sepertinya saya masih belum sanggup berdetak sebanyak itu dalam sejam.” Jam masih saja bimbang dengan kemampuannya.

Akhirnya si pembuat jam berkata, “Sudahlah, sanggupkah kamu berdetak satu kali saja setiap detik?” Jam itu sontak menjawab, “Nah, kalau cuma sekali sedetik sih aku sanggup, kapan aku mulai bekerja?”.
“Sekarang!”, seru pembuat jam.

Setelah selesai dibuat, jam itu pun berdetak satu kali setiap detik. Lalu berdetak terus sampai 3.600 kali dalan satu jam. Berlanjut lagi sampai 86.400 kali dalam sehari. Dan tanpa terasa jam itu telah berdetak 31.536.000 kali dalam setahun, sesuai dengan tawaran pertama dari pembuat jam.

BELAJAR DARI KISAH INI,

Kadangkala kita ragu terhadap tugas dan pekerjaan yang kita anggap terlalu berat untuk dilakukan, padahal kita sendiri belum mencobanya. Karena itu jangan pernah berkata ‘tidak bisa!’ terhadap setiap pekerjaan yang kita anggap berat dan sulit. Sebenarnya kita hanya butuh keberanian untuk mencoba, selanjutnya semua berjalan dan mengalir seperti air.

Banyak gagasan dan pekerjaan besar, yang terasa berat untuk dimulai. Maka cobalah memulai dengan kesungguhan dari hal yang kecil dan ringan terlebih dahulu. Kemudian mulailah membangun sistem dan mekanisme kerja yang baik agar segala sesuatunya berjalan dengan maksimal dan agar keberhasilan itu juga berguna bagi orang-orang di sekitar kita.

Sesungguhnya KESUNGGUHAN kita dalam menjalani Hidup ini, Insya Allah akan membawa kita pada KESUSKSESAN. (teringat jawaban saya ke salah seorang mahasiswa Kedokteran Unsrat Manado, Denny Trisnaamijaya)

Lalu, bagaimana caranya untuk memulai? Ya sudah, mulai saja. Bahasa kerennya, start action!

Ingat kata Aa. Gym: “3M” (Mulai dari yang kecil-kecil, Mulai saat ini juga dan Mulai dari diri sendiri. Insya Allah kamu Pasti Bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar