Sabtu, 23 Oktober 2010

Kitab Shahih Fadhilah Amal


Category:Books
Genre: Religion & Spirituality
Author:Anshari Taslim

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah kumpulan amal-amal shalih atau fadhilah amal yang dihimpun dari berbagai ayat Al-Qur`an dan hadits-hadits maqbul (dapat diterima).

Materi tentang fadhilah amal memang cukup penting untuk sering diperdengarkan atau dibaca. Dari itulah penulis berkeinginan memberikan sumbangsih kepada segenap kaum muslimin melalui buku ini, agar bisa menjadi salah satu bahan bacaan yang memberikan motivasi untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa.

Allah Ta’ala dan Rasulullah SAW telah banyak memberikan motivasi kepada umat Islam untuk meningkatkan amal shalih mereka melalui janji dan iming-iming pahala serta berbagai keutamaan (fadhilah). Memang benar, setelah membaca ayat Al-Qur`an dan Al-Hadits yang bercerita tentang itu hati akan semakin bersemangat. Itu semua didasari keyakinan bahwa janji Allah dan Rasul-Nya itu pasti terjadi, tak ada keraguan sedikitpun di dalamnya.


Dalam penyusunan buku ini penulis berusaha semaksimal mungkin mengetengahkan ayat-ayat Al-Qur`an dengan merujuk pada penafsiran para ulama yang berkompeten di bidangnya. Hadits-hadits yang kami bawakan dirujuk langsung dari kitab-kitab induk atau kitab-kitab yang menghimpun hadits-hadits keutamaan suatu amal yang sudah mu’tabar di kalangan para ulama dan para peneliti di bidang hadits. Kitab-kitab himpunan amal yang kami jadikan sumber antara lain, At-Targhib wa At-Tarhib karya Al-Hafizh Abdul Qawi Al-Mundziri, Al-Matjar Ar-Rabih, karya Al-Hafizh Abdul Mukmin Ad-Dimyathi, kitab Riyadh Ash-Shalihin karya Imam An-Nawawi dan beberapa kitab lain. Lalu hadits-hadits yang kami dapatkan di sana kami rujuk ke buku-buku aslinya seperti kutub As-Sittah, Musnad Imam Ahmad, Al-Muwaththa` Imam Malik, dan lain-lain.

Penilaian ke-shahih-an hadits, penulis merujuk pada kitab-kitab ulama hadits terkenal di abad ini yaitu Syekh Muhammad Nashiruddin Al-Albani, lalu kami kombinasikan dengan para ulama terdahulu seperti Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fath Al-Bari dan dalam At-Talkhish Al-Habir, Al-Hafizh Al-Haitsami dalam kitab Majma’ Az-Zawa`id, Al-Munawi dalam kitab Faidh Al-Qadir dan As-Sakhawi dalam kitab Al-Maqashid Al-Hasanah serta beberapa thesis dan dissertasi doctor yang khusus meneliti sanad hadits dalam babnya masing-masing.

Harapan kami agar dapat memberikan informasi seakurat mungkin dan dapat dipertanggungjawabkan di dunia dan di akhirat, serta menjadi amal yang tak putus untuk memotivasi diri kami sendiri kemudian para pembaca sekalian, sehingga senantiasa berada di jalan Allah Tabaraka wa Ta’ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar