Minggu, 21 Januari 2018

Cermin Diri

Oleh. Rio Efendi Turipno

Kehidupan ini adalah CERMIN. Karena apapun yang kita lakukan akan mencerminkan siapa diri kita yang sebenarnya. Jika kita senantiasa melakukan hal- hal yang baik di dunia ini, berarti kita adalah orang yang baik, begitu pula sebaliknya. Dan orang- orang yang beruntung adalah orang – orang yang selalu menjadikan segala sesuatu sebagai cermin bagi dirinya sendiri, sehingga ia dapat selalu intropeksi dan berbenah diri agar dapat selalu melakukan hal- hal yang  lebih baik hari demi hari.

Orang- orang yang merugi adalah orang yang tidak pernah bercermin dengan kehidupannya sendiri. Ia akan merasa bahwa keburukan orang lain sama sekali tidak ada hubungan dengan dirinya. Padahal, saat kita melihat keburukan orang lain. Sebenarnya kita sedang melihat keburukan diri kita sendiri yang sedang dipantulkan. Jika sahabat kita mungkin sering berbicara kasar, bertengkar, berbohong, dll, maka sebenarnya itu adalah peringatan bagi kita dan menjadi alat intropeksi diri, “Mengapa kita belum bisa merubah keadaan disekitar kita menjadi lebih baik..?”

Kata- kata yang kita ucapkan juga akan mencerminkan siapa diri kita yang sebenarnya. Jika kita selalu mengatakan kata- kata yang kurang sopan, maka sebenarnya kata- kata itulah yang mencerminkan siapa diri Kita. Seperti halnya sebuat teko. Jika ia diisi dengan kotoran, maka saat dituangkan akan keluar kotoran juga. Begitu pula sebaliknya.

“KITA adalah Apa yang kita katakan, maka biasakanlah berkata BAIK. Agar apa yang kita lakukan senantiasa terarah pada
KEBAIKAN pula”.
 
Ingatlah, setiap  keburukan serta kekurangan orang lain yang kita lihat, bisa jadi itu merupakan gambaran diri kita yang hendak Allah tunjukkan pada kita. Bayangkanlah “Apa yang akan Anda lakukan saat Anda bercermin dan melihat wajah Anda berantakan..?” Pasti anda akan segera membersihkan wajah Anda dan bukan justru menyalahkan cerminnya” Begitulah terkadang gambaran  kehidupan diri ini. Apa yang kita lihat, yang kita rasakan dan yang kita alami, terkadang itulah gambaran diri kita. Allah hendak menjadikan semua dihadapan kita itu sebagai cermin. Maka dari  itu perbaikilah diri ini agar menjadi lebih baik tanpa harus menyalahkan orang lain apalagi sampai mencari kambing hitam disetiap permasalahan yang kita hadapi.

Apapun yang ada disekitar kita adalah CERMIN bagi diri kita sendiri. Bercerminlah selalu dengan kehidupan kita dengan selalu mengintropeksi diri. Jadikan diri kita sebagai pewarna yang bisa mengubah warna kehidupan menjadi lebih baik, kecuali jika Anda sudah berada di lingkungan yang baik. Maka bersyukurlah kepada Allah. Dan warnailah kehidupan ini dengan warna terbaik yang Anda miliki.

2 komentar:

  1. Kapan lagi anda punya kesempatan??
    Cuma dengan modal 20K anda akan menjadi JUTAWAN!!!
    Ajak teman anda bergabunglah bersama kami di DEWALOTTO
    Link Alternatif : dewa-lotto.name
    Note : Nomor Official whatsapp kami hnya tertera di dalam website
    selain itu bukan nomor whtsapp DEWALOTTO
    Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan

    BalasHapus
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.org

    BalasHapus